Kamis, 07 April 2011

Tuhan Tetap Mengasihi Kita

Ada seorang bapak yang sangat kecewa terhadap Tuhan. Pasalnya, istrinya meninggal waktu masih sangat muda. Mereka baru saja menikah lima tahun, tetapi istrinya menderita kanker ganas lalu meninggal dunia. Harapannya untuk membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera pupus. Ia harus membesarkan dua anaknya sendirian. Banyak persoalan hidup ia hadapi sendirian. Ia selalu berdoa kepada Tuhan, tetapi Tuhan seolah-olah tidak mendengarkan doa-doanya. Ia kecewa. Ia putus asa. Tuhan yang diimaninya tidak membantunya dalam menghadapi kesulitan.

Ia bertanya dalam hati, “Mengapa Tuhan tidak membantu saya? Mengapa Tuhan membiarkan saya berjuang sendiri di dunia ini?”

Lambat laun iman bapak itu mulai hilang. Ia tidak mau lagi berdoa dan beribadat. Baginya, hal-hal itu hanya buang-buang waktu. Akhirnya, ia memutuskan hubungannya dengan Tuhan. Ia kehilangan Tuhan dalam hidupnya. Baginya, Tuhan sudah mati.
Suatu hari, anak pertamanya sakit keras. Ia membawanya ke rumah sakit. Banyak teman-temannya datang untuk mengunjungi anaknya. Mereka menghiburnya. Mereka juga mendoakan agar anaknya segera sembuh. Beberapa hari kemudian anaknya sembuh. Ia tidak habis pikir mengapa orang-orang itu datang untuk mendoakan anaknya? Padahal ia sudah tidak mengimani Tuhan. Ia sudah putus hubungan dengan Tuhan. Bapak itu mengalami suatu pergulatan batin yang luar biasa.

Dalam kondisi seperti itu, seorang temannya berbisik, “Teman, dekatkan dirimu kepada Tuhan. Dia tetap mengasihi engkau.”

Akhirnya, bapak itu memutuskan untuk kembali kepada Tuhan. Ia berusaha untuk mengimaninya dalam suka dan duka hidupnya. Ia berpegang teguh pada Tuhan.

Dalam hidup ini godaan untuk meninggalkan Tuhan selalu terjadi. Kisah bapak tadi merupakan salah satu kisah hidup manusia. Kekecewaan dapat membawa orang pada jalan buntu. Akhirnya, Tuhan jadi sasaran. Padahal Tuhan selalu setia kepada manusia. Tuhan selalu mencintai manusia. Meski banyak persoalan yang dihadapi, Tuhan tetap mendampingi manusia. Caranya bermacam-macam. Tuhan dapat menggunakan ciptaanNya yang lain sebagai ungkapan kasihNya kepada manusia.

Karena itu, dalam hidup ini hal yang mesti selalu dipegang teguh adalah bahwa Tuhan tetap mengasihi manusia. Tuhan tetap peduli terhadap hidup manusia. Meski manusia mengalami berbagai persoalan hidup, Tuhan begitu baik kepada manusia.

Apapun yang kita alami dalam hidup ini mesti dilihat dari terang iman akan Tuhan. Dia menghendaki agar kita hidup baik. Dia menghendaki agar kita menemukan kebahagiaan dalam hidup ini. Untuk itu, Tuhan menggunakan berbagai cara untuk mengungkapkan kehendakNya itu.

Mari kita senantiasa pasrahkan diri kepada Tuhan. Dia senantiasa memberikan yang terbaik bagi kita. Dia selalu melindungi kita dari segala bahaya. **


Frans de Sales, SCJ

sumber:http://inspirasi-renunganpagi.blogspot.com/2009/12/tuhan-tetap-mengasihi-kita.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar