Selasa, 22 Februari 2011

Mengubah Cara Hidup Melalui Teladan yang baik

Ada seorang kakek berusia 84 tahun yang masih aktif bekerja keras bersama cucu-cucunya. Setiap hari dia membersihkan kebun, menyapu dan memotong dahan-dahan pohon yang sudah panjang di halaman rumahnya. Suatu hari beberapa cucunya merasa kasihan menyaksikan kakek mereka yang berada di terik matahari sambil membersihkan rumput.

Mereka sudah sering mengingatkan kakek mereka untuk tidak bekerja keras. Namun kakek mereka itu berkeras hati untuk terus bekerja. Menurutnya, orang yang tidak bekerja tidak boleh makan.

Suatu hari cucu-cucunya memutuskan untuk menyembunyikan peralatan kerja kakek mereka. Dengan cara itu, mereka berharap kakek mereka tidak akan bekerja keras lagi di kebun. Benar, hari itu kakek mereka tidak bekerja. Demikian juga keesokan harinya. Bukan hanya itu. Si kakek tidak mau makan. Berhari-hari ia tidak mau makan.

Akhirnya, cucu-cucunya mulai mengembalikan peralatan kerjanya. Sang kakek pun mulai bekerja seperti biasa. Ia pun mulai makan makanan yang disediakan oleh cucu-cucunya.

Suatu sore, sang kakek mengumpulkan cucu-cucunya. Ia berkata kepada mereka, “Siapa yang tidak bekerja, tidak boleh makan.”

Cucu-cucunya itu terkejut. Ada yang merasa tersinggung, karena malas bekerja. Sejak saat itu, cucu-cucunya mulai rajin bekerja. Mereka menyimpan baik-baik kata-kata sang kakek dalam hati mereka.
Contoh atau teladan dalam hidup ini masih sangat dibutuhkan. Orang yang hanya banyak berbicara dan memberi nasihat, namun tidak menunjukkan contoh sering tidak dihiraukan. Ia dianggap sebagai seorang penipu. Nasihat-nasihatnya hanyalah barang murahan yang tidak bermanfaat bagi hidup manusia.

Namun orang yang mampu memberi contoh hidup yang baik selalu dituruti. Nasihat-nasihatnya menjadi barang berharga yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Orang seperti ini sering dicari oleh banyak orang. Perbuatan baiknya selalu ditiru oleh sesamanya. Kisah tadi menunjukkan bahwa nasihat yang dibarengi dengan contoh hidup memiliki kekuatan yang luar biasa. Kekuatan untuk mengubah cara hidup orang lain.

Sebagai orang beriman, kita diajak untuk berani memberi contoh atau teladan hidup baik kepada sesama kita. Teladan yang baik itu mampu mengubah hidup orang lain. Dengan demikian kita dapat mengubah juga dunia yang kini dipenuhi dengan kekuatan-kekuatan jahat.

Mari kita berusaha untuk memerangi kekuatan-kekuatan jahat itu dengan teladan-teladan hidup kita yang baik. Tuhan memberkati. **


Frans de Sales, SCJ

sumber:http://inspirasi-renunganpagi.blogspot.com/2009/11/mengubah-cara-hidup-melalui-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar